Acara Piṇdapāta di Surabaya 2018

Acara Piṇdapāta di Surabaya 2018

Saptu, 17 November 2018, 22.00 WIB

Surabaya- Sebanyak 20 Sāmaṇera dan 20 Aṭṭhasīlani mengikuti acara piṇdapāta yang diadakan oleh Keluarga Besar Theravāda Indonesia (KBTI) Surabaya. Acara piṇdapāta berlangsung di sekitar area jalan Galaxi Mall Surabaya tersebut, diawali dengan sarapan pagi pukul 07.00 WIB di rumah Bu Chris (umat Surabaya) dan dilanjutkan perjalanan piṇdapāta yang di pimpin oleh Bhante Viryadharo M.T, Bhante Tejapuñño M.T, dan Bhante Sīlanando dan diikuti para Sāmaṇera dan Aṭṭhasīlani berlangsung sangat kidmat. Di bawah teriknya mentari pagi, para umat dengan antusias dan penuh rasa hormat mempersembahkan empat kebutuhan pokok bagi seorang samana dengan berbaris rapi di sepanjang jalan Dharma Husada Indah timur

“Piṇdapāta di Surabaya tidak berlangsung berjam-jam seperti yang diselenggarakan di Jakarta, di Jakarta acara Pindapata masal biasanya berlangsung sampai menjelang makan siang, mulai dari pukul 08.00 WIB sampai hamper pukul 11.00 WIB” tutur Bhante Tejapuñño.

Acara piṇdapāta di Surabaya hanya berlangsung kurang lebih 1 jam sejak pukul 07.30- 08.30 WIB dan dilanjutkan istirahat di Vihara Eka Dharma Loka yang terletak di dukuh Sutorejo, Mulyorejo, Surabaya. Di Vihara Eka Dharma Loka para Bhikkhu, Sāmaṇera dan Aṭṭhasīlani sejenak beristirahat meregangkan tubuh setelah melakukan perjalanan piṇdapāta. Kemudian dilanjutkan acara makan siang bersama para Bhikkhu, Sāmaṇera dan atthasilani pada pukul 11.00 WIb, yang telah disiapkan oleh panitia dan para umat Surabaya. Acara makan siang merupakan acara terakhir para Sāmaṇera dan Aṭṭhasīlani sebelum kemudian kembali ke Padepokan Dhammadipa Arama Batu pada pukul 13.00 WIB.

By: Sāmaṇera Cittasarano