Jambore Pemuda Lintas Iman 2018 Forum Beda Tapi Mesra 

“Pemuda lintas iman sebagai agen perdamaian dan kesatuan NKRI”

Jum’at tanggal 02-04 November tahun 2018 di Graha Bela Negara Kodim V Brawijaya Kota Malang yang berjumlahkan peserta 70 pemuda dari berbagai agama baik itu ISLAM, KRISTEN, KTOLIK, HINDU, BUDDHA, KONGHUCU, dan agama kepercayaan. Dari Padepokan Dhammadipa arama mengutus mahasiswa/wi STAB Kertarajasa yang berjumlah tujuh orang yaitu empat samanera dua atthasilani dan satu dari mahasiswa umum. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkan empat pilar kebangsaan yaitu pancasila, bhineka tunggal ika, NKRI dan undang-undang dasar 1945 kepada setiap pemuda.

Kegiatan ini diadakan oleh forum beda tapi mesra, acara ini dihadiri oleh anggota dari Forum beda tapi mesra dan dihari oleh wakil dari Kodim V Bawijaya-Malang. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dimana setiap harinya diisi dengan beberapa kegiatan. Pada hari pertama diisi materi tentang “Menabur cinta membaur bangsa dalam bingkai pancasila, pemahaman pancasila dan ideologi Negara dan Pembekalan bahaya Radikalisme dan Terorisme” serta pada malam harinya diisi dengan Renungan suci Kebangsaan.

Pada hari kedua, dilakukan kegiatan senam pagi dilanjutkan dengan pembekalan materi tentang Kepemimpian dan bela Negara, agama cinta kasih dan perdamaian, motivasi tentang Pancasila, pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan jurnalisme dan jurnalistik di Indonesia. Serta di hari ketiga diisi kegiatan senam pagi, game Persatuan dan Outbond setelah kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan diberbagai tempat ibadah seperti vihara, masjid, pura dan gereja. Setelah selesai kunjungan pada siang harinya diisi materi tentang Pemahaman Pancasila dan Ideologi Negara. Setelah penyampaian materi akan diadakan pertanyaan mengenai materi yang sudah disampaikan oleh pemateri. Tidak hanya itu saja, namun juga dibentuk beberapa kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan dan mempresentasikannya kembali sesuai pemahaman dari setiap kelompok. Acara ditutup dengan pembacaan deklarasi pemuda pemudi lintas iman forum beda tapi mesra dan dilanjutkan dengan penutupan kegiatan.

Oleh : Samanera Pasadhidhasso