Acara Pattidāna di Padepokan Dhammadīpa Ᾱrāma

Pada Kamis, (4/419) pukul 18:00 – selesai WIB dilangsungkan acara Pattidana bertempat di Vihara Padepokan Dhammadīpa Ārāma.

Pattidāna merupakan upacara pelimpahan jasa kepada para mendiang/leluhur yang telah meninggal, dengan mengharapkan agar mereka senantiasa terlahir di alam yang lebih bahagia.

Kegiatan ini selalu diadakan setiap 1 tahun sekali, guna menanamkan tradisi yang baik bagi umat Buddha, khususnya umat Buddha di Ds. Ngandat. Acara berlangsung hikmat dengan dihadiri oleh Bhikkhu Sangha, Sāmaṇera, dan Atthasilani serta umat Buddha dari berbagai daerah.

Acara diawali dengan puja kepada para mendiang/ leluhur dan pada pukul 18.00 dilanjutkan dengan puja bakti bersama. Di dalamnya, pembacaan paritta pencerahan dilantunkan oleh para Bhikkhu dan Sāmaṇera.

Di tengah acara juga terdapat Dhammadesana yang disampaikan oleh Bhante Uggaseno dengan tema ceramah “Dhamma Pelipur Lara”. Dalam khotbahnya, kita semua dianjurkan untuk menjadikan dhamma sebagai pedoman hidup dan senantiasa selalu mengembangkan sīla, samādhi dan pañña agar tercapainya kebahagiaan. “Impian itu tidak bayar, kalau impian jadi kenyataan harus dibayar dengan sebuah proses”. Acara ditutup dengan kegiatam ramah tamah oleh umat, yaitu makan-makan bersama atas makanan yang telah disediakan oleh vihara.

Semoga semua makhluk berbahagia.

Leave a comment