Pembinaan Rutin Umat Buddha Di Kabupaten Banyuwangi

Sudah menjadi kegiatan rutin setiap satu bulan sekali Padesanayaka Prov. Jawa Timur melakukan pembinaan Umat Buddha khususnya tim pembina wilayah bagian timur. Patut diketahui bahwa untuk mengefektifkan pembinaan umat Buddha di Provinsi Jawa Timur, tim Padesanayaka membagi Prov. Jawa Timur menjadi tiga wilayah binaan yaitu barat, tengah dan timur. Wilayah barat meliputi Kediri, Blitar, Tulungagung, dan Magetan  dibina oleh Bhante Sukhito MT, dan Bhante Uggaseno. Wilayah Tengah meliputi Malang, Surabaya, Sidoarjo, Pait, Sukorame, dan Dampit dibina oleh Bhante Jayamedho dan Bhante Khemadharo. Sedangkan wilayah Timur  meliputi Lumajang, Situbondo, Jember, dan Banyuwangi dibina oleh Bhante Tejapuñño MT, Bhante Sīlanando dan Bhante Gunajayo. Selain itu juga dibantu oleh Atthasīlanī Dhammanandi dan Gunanandi.

Minggu, 4 Febuari  Pukul 10.00 – 15.00 WIB, diselenggarakan Rapat Koordinasi KBTI  Banyuwangi di Vihara Ratana Dhamma Loka Kecamatan Pesanggaran yang dihadiri oleh Bhante Tejapuñño MT, Bhante Gunajayo, Karakasabha dari 13 Vihara, PC Maghabuddhi, PC Wandani, dan PC Patria. Dalam rapat tersebut ada beberapa poin yang dibahas diantaranya mengenai kinerja para Dhammaduta, evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, pembukaan akun dana sosial, dan pembuatan rencana kegiatan selama tiga bulan kedepan. Tidak menyia-yiakan kesempatan Bhante Tejapuñño MT sebagai Upa Padesanayaka mempublikasikan visi, misi dan program kegiatan yang telah dirancang bersama. Peserta rapat merespon positif, mendukung penuh program kerja tim Padesanayaka Jatim dan mengharapkan adanya kegiatan nyata untuk memperkokoh keyakinan umat Buddha khususnya kepada generasi muda yang menjadi topik hangat pada waktu itu

Menyoroti hal ini, menurut pengamatan penulis yang telah beberapa kali membina di Banyuwangi, melihat dari kegiatan, keaktifan, dan partisipasi pemuda saat event di Vihara-vihara, kondisi generasi muda Buddhis saat ini berada digaris memprihatinkan. Hal ini karena kegiatan di Vihara begitu pasif, monoton dan sedikit sekali kegiatan untuk pemuda sehingga timbul bosan dan enggan untuk datang ke vihara atau hubungannya dengan kegiatan keagamaan Buddha. Tetapi tidak dipungkiri juga bahwa selain iklim kegiatan di Vihara saat ini ada beberapa faktor yang juga berperan besar yang membuat pemuda Buddhis Banyuwangi kurang berpartisipasi disetiap kegiatan Vihara. Maka dari itu, mereka membutuhkan kegiatan-kegiatan yang menjadi wadah menyalurkan kereatifitas, hobi, dan passion sekaligus membentuk pemuda berkarakter Buddhis seperti Pabbajja, Dhamma  camp, dan lain-lain.

Selanjutnya, setalah rapat seperti biasanya para bhante melanjutkan pembinaan Umat Buddha Banyuwangi  dengan melakukan berbagai kegiatan sebagai berikut;

Jadwa pembinaan Bhante Tejapunno MT dari tanggal 4-8 febuari 2018 sebagai berikut; 4 Febuari  Pembinaan di Vihara Buddhi Dhamma Sarana, Des. Srono dalam acara Menyongsong Magha Puja 2018. Tanggal 5 Febuari, Pembinaan di Vihara Tirta Vana Jaya, Des. Sarongan dalam acara gotong royong Perbaikan jalan dan meditasi bersama di Pantai Lampon. Dilanjutkan pembinaan di Vihara Dhamma Sagara, Desa Wringinpitu sampai tanggal 6 Febuari. Tanggal 7-8 Febuari pembinaan di Vihara Dhamma Harja, Des. Yosomulyo.

Jadwal pembinaan Bhante Gunajayo dari tanggal 4-8 Febuari 2018 sebagai berikut; tangal 4-5 Pembinaan di Vihara Dhamma Mukti, Des. Sidomukti, Kec. Gambiran, mengisi acara anjangsana Ketua Kelompok Anjangsana di Rumah Bpk. Boinem dan anjangsana kelompok Ibu-ibu di Rumah Ibu Sriyatun . Tanggal 6 Febuari pembinaan di Vihara Dhamma Agung, Des, Ringinagung, Kec. Pesanggaran, mengisi acara Anjangsana di rumah Bpk. Giran. Tanggal 7 febuari  Pukul 13.00 WIB Pembinaan di Vihara Tirta Vana Jaya dan Panca Bala Des. Sarongan, Kec. Pesanggaran, mengisi anjangsana dan Wandani. Tanggal 8 Febuari  WIB pukul 13.00 WIB pembinaan di Vihara Dhamma Yukti, Des. Sumberagung, Kec. Pesanggaran mengisi acara anjangsana di rumah umat.

Demikianlah kegiatan pembinaan yang telah dilakukan  mulai dari tanggal 4-9 Febuari 2018 di Kabupaten Banyuwangi oleh tim pembina wilayah bagian timur. Melihat jumlah dan potensi umat Buddha di Banyuwangi yang cukup besar mohon dukungan dan partisipasi dalam menjaga, mempertahankan, dan melindungi aset berharga ini.

Sabbe Sattā Bhanvantu Sukhitattā

Baca paritta & praktik meditasi di Pantai Lampon, Banyuwangi
Keep Together
Anjangsana di Des. Yosomulyo
Perbaikan jalan di Des. Kandangan, Banyuwangi