NEW PROGRAM AGRO SIBIOMASI PADEPOKAN DHAMMADIPA ARAMA BERSINAR (Bersih, Indah, dan rapi)

AGRO SIBIOMASI PADEPOKAN DHAMMADIPA ARAMA-BERSINAR

Oleh : Admin

VLUU L310W L313 M310W / Samsung L310W L313 M310W
www.dhammadipa-arama.org

           Dalam Kehidupan sehari-hari tentu tidak pernah lepas dari yang namanya sampah dimanapun setiap orang berada, bahkan sekarang sampah menjadi momok yang sangat serius di negara ini. meskipun banyak pemberitahuan atau bahkan Slogan-slogan yang mengorasikan mengenai “buanglah Sampah Pada tempatnya” hal ini memanglah berjalan dengan lancar, namun yang menajadi masalah yang kedua yaitu sampah-sampah ini dicampurkan menjadi satu, antara sampah organik dan sampah plastik sehingga menimbulkan gelaja bau yang tidak sedap. Bahkan terbilang sangatlah kotor dan tak teratur serta menimbulkan kesan yang sangat jorok.

            Namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya simpatisan dan para pencinta kebersihan hal inilah yang bekerja keras untuk mencari solusi mengenai pemilahan sampah agar bisa bermanfaat. salah satu program sukses adalah Program “Sibiomasi”. Program ini juga telah diterapkan di Vihara Padepokan Dhammadipa Arama.

VLUU L310W L313 M310W / Samsung L310W L313 M310W

www.dhammadipa-arama.org

           Program sukses di Vihara dipadepokan Dhammadipa Arama adalah program Sibiomasi. Sibiomasi yaitu “Gerakan Rumah Tanpa Sampah”. Sampah-sampah yang ada dipilah menjadi empat bagian yang pertama yaitu sampah Plastik berupa bungkus makanan, permen, bungkus minyak Dll yang bersifat plastik pembungkus. Sedangkan bagian yang kedua yaitu Sampah Botol berupa botol minuman, botol pembersih, Botol Sabun Dan sebagainya yang bersifat Botol Plastik. Yang ketiga yaitu Sampah kertas, berupa kertas Paper, Kardus, tempat Makanan Kotak, Dll yang bersifat masih bisa dimanfaatkan. Dari ketiga macam sampah diatas ini harus dalam kondisi dibersihkan.

  1. Tiga Tempat Sampah Bersih, botol Plastik, Plastik Snake, dan Kertas

VLUU L310W L313 M310W / Samsung L310W L313 M310W

www.dhammadipa-arama.org

Misalkan saja seperti plastik pembungkus Sambal ini harus dicuci terlebih dahulu agar bersih dari sisa sambalnya. Demikian pula seperti halnya botol harus bersih dan bebas dari sisa-sisa air. Bahkan air yang belum habis harus dibuang dan botol memang harus dalam keadaan kosong. Demikianpula seperti halnya kertas memang kertas bersih.

Sedangkan tempat sampah yang keempat adalah Save Box. Tempat sampahnya yang berbentuk dirijen yang berwarna Putih memiliki penutup. Didalam Dirijen ini dilengkapi dengan bahan organik yang terbuat dari Batang sere untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dan pula untuk mempercepat pembusukan sampah-sampah organiknya. Tempat sampah Organik ini bisa dimasukan berupa Sisa makanan, tisu sisa, tulang-tulang, kulit telur. Serta bahan-bahan organik lainnya yang masih bisa dijadikan kompos.

  1. Save Box
VLUU L310W L313 M310W / Samsung L310W L313 M310W
www.dhammadipa-arama.org

Kemudian komponen lanjutan adalah Air Aktivator yaitu air yang sudah dimasukan bakteri sibiomasi yang berfungsi mempercepat pembusukan berupa dedaunan dan bahan-bahan sampah organik lainya. Cara penggunaan Air Aktivator yaitu dicampur dengan air kran baru kemudian di siramkan kedalam lobang Sibiomasi. Apabila sudah mencapai sekitar 21 hari, maka sampah organiknya bisa diambil kembali dan dijadikan pupuk Kompos dari sisa-sisa makanan organik tersebut.

Gudang penyimpanan terakhir, gudang ini menyimpan sampah berupa sampah-sampah Plastik, botol, sampah kertas sedangkan sampah organik langsung dimanfaatkan sebagai bahan tanam sayur dan bungan yang ada di Padepokan Dhammadipa Arama.

  1. TPS (tempat penyimpanan Sementara)

tempat terakhir                                                                                         www.dhammadipa-arama.org

  1. Tempat Pemanfaatan Pupuk Organik Sibiomasi

VLUU L310W L313 M310W / Samsung L310W L313 M310W

www.dhammadipa-arama.org

           Tempat pemanfaatan Sibiomasi sebagai bahan tanam berupa sayur dan buah-buahan, tanahya sangat subur meskipun tanpa pupuk Kimia, jadi hasil dari tanaman benar-benar murni organik dan tidak mengandung bahan-bahan kimia.

VLUU L310W L313 M310W / Samsung L310W L313 M310W

www.dhammadipa-arama.org

          Inilah Program bermanfaat yang juga telah sukses di padepokan Dhammadipa Arama, selain sebagai tempat religius  yang nyaman namun juga bisa sebagai panutan tempat kebersihan, serta mengajarkan hidup dalam sadar, sadar akan membuang sampah pada tempat dan sesuai jenisnya. Hal inilah yang patut kita unggulkan dan banggakan. Semoga artikelnya bermanfaat bagi semua pembaca

Semoga Semua Mahluk Berbahagia